Stadion Piala Dunia 2018 RUSIA

Stadion Piala Dunia 2018 RUSIA

Sejak ditentukan sebagai tuan rumah piala dunia 2018, Negara Rusia langsung bertindak dan melakukan perbaikkan struktur semua bangunan lapangan agar layak sebagai tempat untuk menggelar even terbesar yang hanya diadakan setiap 4 tahun sekali di didunia.

Saat ini Rusia telah menyediakan 12 stadion yang akan dijadikan sebagai tempat untuk bertanding, dimana stadion ini tersebar di 11 kota yang ada di negara Rusia.

Berikut ini adalah penjelasan ke-12 stadion yang akan dipakai sebagai tempat untuk melaksanakan pertandingan ajang piala dunia 2018.

  • Yekaterinburg Central Stadium

Stadion yang 1 ini dibangun pada tahun 1957, dimana stadion yang satu ini merupakan stadion yang sering menyelenggarakan beberapa acara olahraga dan hiburan pada saat tahun pertama pembukaan, dimana kemudian stadion ini digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan ajang kejuaraan dunia speed skating, setelah ini stadium ini juga pernah menyelengarakan kejuaraan nasional Uni soviet yaitu pada tahun 1962, 1966, 1974, dan 1978.

Kemudian pada tahun 2004, stadion ini menjadi milik perusahaan publik “JSC Central Stadium” kemudian pada tahun 2006 sampai 2011 stadion ini melakukan renovasi besar-besaran, pada tahun 2015-2017 stadion ini kembali direnovasi kembali, lalu stadion ini dipilih sebagai salah satu tempat penyelenggarakan ajang piala dunia 2018.

Yekaterinburg Central Stadium

Kapasitas Penonton: 35.000
Tahun dibuka: 1957, direnovasi tahun 2017
Lokasi : Yekaterinburg
Pemilik : FC Ural Yekaterinburg
Jumlah pertandingan di Piala Dunia 2018: 4 pertandingan.

  • Fisht Stadium

Stadion ini terletak di taman Olimpiade Sochi, dan ini merupakan sebuah stadion yang terbuka di kota Sochi Rusia, nama dari stadion ini terinspirasi dari nama gunung Fisht. Stadion ini dibangun untuk ajang Olimpiade mudim dingin 2014, dimana ditentukan sebagai tempat pembukaan dan penutupan olimpiade

Stadion ini dirancang oleh populas dan Buro Happoid, dimana merupakan seorang  desainer konsultasi yang berasal dari Inggris, setelah dibuka pada tahun 2013 dengan biaya 779$ yang kemudian berfungsi sebagai pusat pelatihan dan pertandingan timnas sepak bola Rusia, dan saat ini stadion ini merupakan salah satu dari 12 arena untuk ajang piala dunia 2018 di RUSIA.

Fisht Stadium RUSIA

Kapasitas Penonton : 47.659
Tahun dibuka : 2013
Lokasi : Sochi
Pemilik : Pemerintah Rusia
Jumlah pertandingan di Piala Dunia 2018 : 6 Pertandingan

  • Rostov Arena

Sebuah stadion yang terletak di Kota Rostov na Donu, Rusia, yang saat ini sedang dibangun sebagai salah satu stadion ajang piala dunia 2018. dan stadion ini juga merupakan kandang bagi tim FC Rostov yang berada di Liga Utama Rusia

Rostov Arena

Kapasitas Penonton : 45.000
Tahun Dibuka : 2017
Lokasi : Rostov-on-Don
Pemilik : FC Rostov
Jumlah pertandingan di Piala Dunia 2018 : 5 Pertendingan

  • Mardovia Arena

Mardovia merupakan sebuah republik yang saat ini dihuni lebih dari 800 ribu orang, kota ini terletak 500 kilometer dari moskwa, akan tetapi masih menjadi bagian dari federasi dari negara rusia, dimana stadion yang baru ini akan menjadi markas untuk club FC Mordovia Saransk.

Walaupun kapasitas stadion ini mencapai 45 ribu untuk ajang piala dunia 2018 ini, akan tetapi setelah turnament piala dunia ini akan diubah menjadi 28 ribu, hal ini dilakukan agar bisa selaras dengan kebutuhan club tersebut.

Mardovia Arena

Kapasitas Penonton : 45.0515
Tahun dibuka : 2017
Lokasi : Saransk, Mordovia
Pemilik : FC Mordovia Saransk
Jumlah pertandingan di Piala Dunia : 4 pertandingan

  • Volgograd Arena

Stadion yang satu ini merupakan stadion yang baru didesain khusus untuk ajang piala duni, dimana nantinya juga akan menjadi markas dari FC Rotor Volgograd. Dan stadion ini dibangun di atas central stadium kepunyaan Rotor terdahulu yang telah dihancurkan pada tahun 2014.

Volgograd Arena

Kapasitas Penonton : 45.568
Tahun Dibuka : 2017
Lokasi : Volgograd
Pemilik : FC Rotor Volgograd
Jumlah pertandingan di Piala Dunia 2018 : 4 Pertandingan

  • Nizhny Novogrod Stadium

Stadion yang satu ini terletak diantara pertemuan sungai Volga dan Oka, yang berada disamping Alexander Nevsky Cathedral dan sepanjang sungai dari Nizhny Novgorod Kremlin, dan pastinya Stadion ini menciptakan sebuah pemandangan yang sangat memukau.

Setelah Ajang Piala Dunia 2018, FC Olimpiyets Nizhny Novgorod akan pindah ke stadion. Mereka promosi ke kasta kedua Rusia pada 2016/17 dan menjadi klub top kota setelah bubarnya FC Volga Nizhny Novgorod.

Rumput lapangan ini dipasang pada Agustus 2017 menyusul kesuksesan periode uji coba di Skotlandia, sementara kota membangun fasilitas latihan baru dan lapangan latihan yang akan digunakan oleh anak-anak dan tim olahraga lokal setelah Piala Dunia.

Nizhny Novogrod Stadium

Kapasitas Penonton : 44.899
Tahun Dibuka : 2017
Lokasi : Nizhny Novgorod
Pemilik : FC Olimpiyets Nizhny Novgorod
Jumlah Pertandingan Di Piala Dunia 2018 : 7 Pertandingan

  • Samara Arena

Stadion Samara Arena yang sering disebut dengan Cosmos Arena, dan tahun 2018 lapangan ini akan menjadi markas baru untuk Kylia Sovetov, yang untuk saat ini masih bermarkas di Metallurg Stadion.

Dibangun dalam bentuk sebuah kubah kaca seperti luar angkasa, dan stadion ini merupakan sebuah perhormatan untuk peran Samara program eksplorasi ruang angkasa yang ada di Uni Soviet.

Samara Arena

Kapasitas Penonton : 44.918
Tahun Dibuka : 2017
Lokasi : Samara
Pemilik : FC Krylia Sovetov Samara
Jumlah Pertandingan di Piala Dunia 2018 : 6 Pertandingan.

  • Kazan Arena

Stadion ini merupakan stadion yang pindah dari stadion lama ke kota Kazan Arena pada tahun 2013. Dan dikabarkan stadion ini mempunyai memiliki layar luar paling besar di Eropa, yang melebar di sepanjang 1 tribun. Dan stadion ini juga menjadi tempat untuk piala konfederasi 2017, dan menggelar salah satu laga semi final.

Kazan Arena

Kapasitas Penonton : 45.379
Tahun Dibuka : 2013
Lokasi : Kazan, Tatarstan
Pemilik : Rubin Kazan
Jumlah Pertandingan di Piala Dunia 2018 : 6 Pertandingan

  • Kaliningrad Stadium

Kaliningrad ini bisa dibilang sangat unik, karena kota ini tidak terletak didaratan Rusia, akan tetapi berada di tengah Negara Polandia dan Lithuania. stadion ini bisa menampung 35 ribu penonton untuk piala dunia, dimana sebelumnya dikurangi menjadi 25 ribu menjadi markas baru FC Baltika Kaliningrad yang bermain di kasta Keuda, dengan memakai nama Arena Baltika.

Stadion ini dibuka secara pada maret dengan pertandingan uji coba antara tim Baltika dan klub Jerman Schalke.

Kaliningrad Stadium

Kapasitas Penonton : 35.212
Tahun Dibuka : 2017
Lokasi : Kaliningrad
Pemilik : FC Baltika Kaliningrad
Jumlah Pertandingan di Piala Dunia 2018 : 4 Pertandingan

  • Saint Petersburg Stadion

Stadion ini merupakan stadion yang bisa dibilang sangat mengagumkan bagi Rusia, dan saat ini merupakan kandang utama Zenit.

Saint Petersburg Stadion

Kapasitas Penonton : 64.287
Tahun Dibuka : 2017
Lokasi : Saint Petersburg
Pemilik : Zenit St Petersburg
Jumlah Pertandingan di Piala Dunia 2018 : 7 Pertandingan

  • Spartak Stadium

Stadion yang satu ini biasa disebut dengan Otkritie Arena, dan ini merupakan markas besar dari Spartak Moskwa yang baru dibuka pada tahun 2014, karena sudah selesai dibangun, maka saat ini stadion ini merupakan salah satu lokasi yang digunakan sebagai ajang piala konfederasi 2017

Dan hal unik dari stadion ini yaitu adanya patung dari Statrostin bersaudara, yang merupakan pendiri dari klub.

Spartak Stadium

Kapasitas Penonton : 45.360
Tahun dibuka : 2014
Lokasi : Moscow
Pemilik : Spartak Moscow
Jumlah pertandingan di Piala Dunia 2018 : 5 Pertandingan

  • Luzhniki Stadium

Stadion terbesar di Rusia untuk Piala Dunia – dan juga untuk laga final – akan tedengar akrab di telinga fans Manchester United dan Chelsea; dengan stadion itu menjadi tuan rumah untuk partai final Liga Champions 2008 yang mempertemukan kedua klub.

Bagian dalam stadion dihancurkan dan dibangun kembali sejak 2013 tetapi atap, yang baru ditambahkan pada 1996, dan bagian luar yang ikonik tetap sama dan di-integrasikan dengan struktur baru.

Kapasitasnya sedikit bertambah menjadi 81 ribu dan lintasan lari telah dihilangkan, guna membantu meningkatkan atmosfer pertandingan.

Luzhniki Stadium

Kapasitas Penonton : 81.000
Tahun Dibuka : 1956, Direnovasi pada tahun 2017
Lokasi : Moscow
Pemakai : Timnas Rusia
Jumlah pertandingan di Piala Dunia 2018 : 7 Pertandingan